Sabtu 06 Jul 2024 22:40 WIB

PSBI Ziarah di TMPNU Kalibata Jakarta, Effendi Simbolon: Bentuk Rasa Syukur di HUT ke-17

Rangkaian ziarah yang dilakukan pada Jumat (6/7/2024) sore hingga menjelang malam.

Red: Gilang Akbar Prambadi
 Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) yang ke-17, Ketua umum PSBI Effendi MS Simbolon beserta jajaran pengurus PSBI lainnya melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) di Kalibata, Jakarta selatan.
Foto: Dok. Web
Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) yang ke-17, Ketua umum PSBI Effendi MS Simbolon beserta jajaran pengurus PSBI lainnya melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) di Kalibata, Jakarta selatan.

REJAKARTA.COM,  JAKARTA -- Dalam memperingati jasa para pahlawan yang telah gugur sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) yang ke-17, Ketua umum PSBI Effendi MS Simbolon beserta jajaran pengurus PSBI lainnya melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) di Kalibata, Jakarta selatan.

Menurut Effendi yang juga anggota DPR/MPR RI, rangkaian ziarah yang dilakukan pada Jumat (6/7/2024) sore hingga menjelang malam hari merupakan agenda rutin dan tradisi dari keluarga besar PSBI untuk melaksanakan syukuran setiap tahunnya.

"Marga Simbolon yang sudah mencapai 25 generasi dan kini berkembang menjadi sekitar 300 ribu jiwa dan tersebar diberbagai belahan dunia tepatnya di 156 wilayah, sebagai bentuk terima kasih tersebut kita melakukan syukuran dengan berziarah," ungkap Effendi yang turut didampingi istrinya Dessy Trinita br. Tobing, Ketua umum Ina PSBI.

Sebagai organisasi yang lahir untuk melestarikan warisan nilai-nilai masyarakat adat Batak yang diwariskan oleh para leluhur marga Simbolon yang berasal dari Samosir sebagai asal-usul Bangso Batak lanjut Effendi, PSBI menaruh perhatian yang begitu besar dan tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah berjasa besar bagi bangsa Indonesia.

"Dari sekian banyak pahlawan yang dikebumikan di TMPNU Kalibata, 13 diantaranya berasal dari Marga Simbolon. Adapun ke-13 pahlawan tersebut adalah Letkol St Mangara Monang Simbolon Sitanggang dan Kopral Martha Lumban Tobing yang merupakan orang tua dari Effendi MS Simbolon, St Maludin Simbolon, St Kasianu Bidin Simbolon, Arnoldh Simbolon, Theofilus Candra Simbolon, Muara Ulim Simbolon, Darius Simbolon, Willem Simbolon, Kol. Maludin Simbolon, Humala Tua Simbolon serta Drs Hotler Simbolon," ungkap Effendi MS Simbolon.

Rangkaian upacara ziarah yang dipimpin oleh Kapten Czi Suparman selaku Kaur VIP/VVIP Kogartap I/Jakarta tersebut diawali dengan serangkaian upacara di pelataran utama TMPNU Kalibata seperti menghormati arwah para pahlawan, mengheningkan cipta dan meletakan karangan bunga.

Rangkaian acara ziarah ditutup dengan memanjatkan doa bersama dan menabur bunga diatas pusara Letkol St Mangara Monang Simbolon Sitanggang dan Kopral Martha Lumban Tobing yang merupakan ayahanda dan ibunda dari Ketua umum PSBI Dr. Effendi MS Simbolon.

Seperti diketahui sebelumnya, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta yang dilakukan oleh segenap jajaran pengurus PSBI, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT PSBI yang ke-17.

Sebelum sampai ke acara puncak HUT PSBI pada Ahad (7/7/2024), paguyuban Marga Simbolon tersebut tandas Effendi juga menggelar serangkaian acara seperti bakti sosial, giat dibidang kesehatan, pemberian beasiswa bagi siswa/i berprestasi serta kegiatan pendidikan lainnya.

Puncak perayaan HUT PSBI sendiri akan digelar pada Ahad (7/7/2024) di Hotel Grand Paragon Jakarta Barat yang diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Dr Gomar Gultom - Ketua umum PGI dan Pastor Ignasius Simbolon serta Pastor Andi Simon.

Adapun rangkaian acara HUT PSBI setelah prosesi ibadah lanjut Effendi diantaranya Marsada Band, Style Voice, Maria Calista, Rani Simbolon, Dorman Manik, Frans Sirait, Guntur Simbolon, Simbolon Kids, Gondang Bolon dan Simbolon Band.

Rangkaian acara juga akan dimeriahkan oleh Ama PSBI Choir, Ina PSBI Choir, Haposo PSBI Choir, Anak PSBI Choir serta rangkaian acara dipandu oleh MC Vanda Hutagalung.

sumber : Web
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement