Senin 12 Aug 2024 06:45 WIB

Kejagung dan LDII Berkolaborasi di Hari Adhyaksa

Kegiatan ini juga sekaligus memperingati hari kemerdekaan RI.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kejaksaan Agung RI dan LDII memiliki cara unik memperingati Hari Adhyaksa dan HUT Kemerdekaan RI.
Foto: Do. LDII
Kejaksaan Agung RI dan LDII memiliki cara unik memperingati Hari Adhyaksa dan HUT Kemerdekaan RI.

REJAKARTA.COM,  JAKARTA -- Kejaksaan Agung RI dan LDII memiliki cara unik memperingati Hari Adhyaksa dan HUT Kemerdekaan RI. Mereka menggelar touring yang dimulai dari Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada akhir pekan kemarin, menuju Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sesampai di Ciloto, Kejagung dan relawan LDII menggelar bakti sosial.

Acara ini dibuka oleh Jaksa Agung Muda bidang Intelijen (Jamintel), Reda Manthovani bersama Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso. Dalam kesempatan tersebut, Reda Manthovani menyampaikan bahwa inisiatif ini lahir dari hobi rekan-rekan Adhyaksa terhadap touring sepeda motor. Namun, kolaborasi ini menjadi lebih berarti ketika Kejaksaan Agung dan LDII sepakat untuk menambahkan unsur bakti sosial ke dalamnya.

Baca Juga

"Awalnya, ini adalah hobi rekan-rekan Adhyaksa berkendara, tapi kami ingin lebih dari sekadar itu. Kejaksaan Agung dan LDII akhirnya berkolaborasi untuk melakukan kegiatan bakti sosial," ujar Reda yang juga Guru Besar Ilmu Hukum Pidana Universitas Pancasila.

Lebih lanjut, Reda menjelaskan alasan di balik pemilihan LDII sebagai mitra dalam kegiatan ini, ormas Islam itu memiliki semangat yang sama dengan Kejagung, "Seperti kata pepatah, pucuk di cinta ulam pun tiba. Kebersamaan ini akhirnya terjalin, dan kami bisa melangkah bersama dalam tujuan yang sama yaitu membantu masyarakat," tambahnya.

Ia menegaskan, bakti sosial bukan sekadar tentang bantuan materi, tetapi juga tentang memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka yang membutuhkan. "Kami ingin memberikan sesuatu yang lebih dari sekadar bantuan materi. Kami ingin memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak di panti asuhan, sehingga mereka merasa diperhatikan dan dicintai oleh masyarakat," ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso, mengapresiasi kolaborasi yang sudah terjalin dan berharap agar kerja sama terus berlanjut di masa depan. "Kami berharap kolaborasi ini tidak hanya sekali ini saja, namun bisa berlanjut di kemudian hari. LDII sudah beberapa kali berkolaborasi dengan Kejaksaan, seperti dalam program 'Jaksa Keren' atau Jaksa Masuk Pesantren yang melibatkan Pondok Pesantren LDII, dan berbagai program lainnya," ungkap KH Chriswanto.

Menurut KH Chriswanto, salah satu kunci sukses dalam membangun bangsa adalah komunikasi yang baik antara lembaga pemerintahan dan masyarakat. "LDII akan terus menjaga komunikasi yang intens dengan Kejaksaan Agung. Kami menyadari bahwa banyak permasalahan yang ada di Indonesia ini disebabkan oleh miskomunikasi dan tersumbatnya komunikasi. Oleh karena itu, kegiatan bakti sosial seperti ini sangat penting untuk membangun kebersamaan dan memperkuat ikatan sosial," kata dia.

Lebih jauh, alumni Newcastle University tersebut menekankan bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan bagian dari program besar LDII yaitu "Kerja Bersama Bakti untuk Negeri". Ia mengatakan sebagai organisasi yang aktif dalam kegiatan sosial, “LDII sebelumnya juga telah melaksanakan kick off kerja bakti nasional di Utan Kota Kemayoran. Kolaborasi dengan Kejaksaan Agung dalam bentuk bakti sosial ini merupakan upaya sinergi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia menuturkan, kolaborasi antara Kejagung dan LDII diharapkan tidak hanya berakhir pada kegiatan bakti sosial ini, tetapi dapat membuka jalan untuk berbagai kerja sama di masa depan. “Dengan semakin kuatnya ikatan sosial antar lembaga pemerintahan dan masyarakat, diharapkan bangsa Indonesia dapat menghadapi berbagai tantangan ke depan dengan lebih optimis dan bersatu,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement