Sabtu 05 Oct 2024 09:15 WIB

Akhir Pekan Kemana? Nggak Usah Bingung, Ada Pameran Budaya Hingga Festival Musik

Museum Bahari Jakarta menggelar pameran jalur rempah.

Red: Ani Nursalikah
Pelajar melihat salah satu koleksi perahu yang terpajang di Museum Bahari, Jakarta Utara, Sabtu (27/5/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pelajar melihat salah satu koleksi perahu yang terpajang di Museum Bahari, Jakarta Utara, Sabtu (27/5/2023).

REJAKARTA.COM, JAKARTA -- Sejumlah acara bisa menjadi pilihan untuk mengisi libur akhir pekan di Jakarta bersama teman maupun keluarga, mulai dari beragam pameran budaya hingga festival musik.

 

Baca Juga

Berikut sejumlah acara yang direkomendasikan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram @disparekrafdki untuk mengisi libur akhir pekan Anda.

 

1. Pameran Pesona Batik Tuban

Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan Pameran Batik Tuban koleksi Museum Tekstil dan Yayasan Batik Indonesia dengan tema “Bangga Berbatik: Pesona Batik Tuban” di Museum Tekstil, Jalan KS Tubun, Jakarta Barat.

 

Pameran yang digelar dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional tahun 2024 itu berlangsung pada Selasa 1 Oktober hingga Ahad (6/10/2024) pukul 09.00 sampai 15.00 WIB.

 

Pameran ini menyajikan 83 helai koleksi kain Batik Tuban yang dimiliki Museum Tekstil, Yayasan Batik Indonesia dan para kolektor Batik. Rangkaian kegiatan pameran ini akan dimeriahkan dengan beberapa acara di antaranya seminar Batik Tuban dan workshop membatik bagi siswa-siswi sekolah.

 

2. Pameran Warisan Budaya: Jalur Rempah

Museum Bahari Jakarta bersama Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VIII Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menggelar pameran Warisan Budaya "Jalur Rempah Pertukaran Komoditas Ekonomi dan Budaya" di Museum Bahari Jakarta, Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

 

Pameran yang digelar sejak 16 Juli hingga 26 Oktober 2024 ini menampilkan sejarah perjalanan perdagangan rempah Nusantara yang memberi pengaruh kepada dunia.

 

Dalam pameran juga ditampilkan perahu sampan yang digunakan sebagai alat transportasi dan media perdagangan rempah. Adapun rempah yang dipamerkan mulai dari kayu manis, lada hitam, jinten putih, jinten hitam, biji kapulaga, kemiri, hingga ketumbar.

Halaman selanjutnya ➡️

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement